AQIDAH YANG BENAR DAN KOKOH

indexAqidah yang benar adalah aqidah yang dibawa dan diserukan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Beliau shallallahu’alaihi wa sallam telah menjelaskan sesungguhnya umat ini akan terpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan dan semuanya masuk neraka, kecuali satu. Mereka (para shahabat) bertanya: “Siapa dia wahai Rasulullah?”, maka beliau shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“(Yakni) orang yang berada di atas perkara yang ada padaku dan para shahabatku hari ini.”

Orang yang aqidahnya mencocoki aqidah yang ada pada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dan shahabatnya maka dia akan selamat dari adzab Allah subhanahu wa ta’ala dan akan masuk surga.

Oleh sebab itu, golongan yang berpegang dan tetap di atas aqidah ini dinamakan sebagai “Golongan yang selamat” (Firqah An Najiyah). Alasan penyebutan dengan nama ini adalah kembali kepada keberadaannya yang selamat dari adzab Allah subhanahu wa ta’ala, dan kelompok tersebut termasuk tujuh puluh tiga golongan yang ada. Sedang golongan lainnya, mereka berada dalam neraka dan kita berlindung kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kelompok yang selamat itu adalah “Ahlus Sunnah wal Jama’ah” di setiap zaman.

Permulaannya adalah Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dan shahabatnya, sedangkan penghabisannya adalah akhir dari umat Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam ini ketika hari kiamat ditegakkan, sebagaimana yang dikhabarkan dalam hadits:

“Senantiasa akan ada sekelompok dari ummatku yang selalu nampak diatas kebenaran, tidak membahayakan orang yang mencela dan menyelisihi mereka sampai datang keputusan Allah subhanahu wa ta’ala (hari kiamat), sedang mereka dalam keadaan seperti itu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: