Sup Istimewa

supAbu Dzar Al-Ghifari, Ra. Adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW yang paling miskin. Dalam keseharian, beliau seringkali memasak sebuah sup istimewa, yakni semangkok sup yang biasa disantap bersama istrinya. Sup itu menjadi istimewa, karena tidak sebagaimana sup pada umumnya. Komposisi sup itu hanya terdiri dari air, daun bawang dan diberi sedikit garam.

Suatu ketika Rasulullah SAW menyampaikan berita bahwa “bersedekah itu adalah ajaib”, dan bagi mereka yang tidak memiliki harta, maka perbanyaklah kuah masakan yang mereka buat lalu bagikan ke tetangga sebagai sedekah kita.

Abu Dzar benar-benar melaksanakan kata-kata Rasulullah. Dia ingin bersedekah, maka ketika membuat sup istimewanya itu, diperbanyaklah kuahnya. Lalu setelah matang, Abu Dzar mengantarkan sup istimewanya yang sederhana itu kepada tetangganya yang terdekat pintu rumahnya.

Sang tetangga yang menerima sup istimewa Abu Dzar itu tertegun begitu tahu isi dari sup istimewa Abu Dzar, yang hanya terdiri dari air daun bawang dan garam. Tetangga itu berkata pada istrinya,”Abu dzar yang miskin saja mau berbagi makanan yang sederhana ini pada tetangganya, istriku kirimkan daging kambing yang kamu masak pada keluarga Abu Dzar”

Tak lama setelah itu, kiriman daging kambing sampai ke rumah Abu Dzar diantar oleh tetangganya tadi. Sekarang Abu Dzar yang tertegun, begitu tahu bahwa tentangganya mengirimkan masakan daging kambing yang lezat dalam jumlah yang cukup untuk keluarganya. Abu Dzar tersenyum dan bergumam,”Sedekah memang ajaib, Sup daun bawang dibalas dengan masakan daging kambing yang lezat”.

sumber : http://www.warnaislam.com

One Response to Sup Istimewa

  1. Sri says:

    Masya Allah, mudah2an kita senantiasa diberikan kelapangan dada utk selalu bersedekah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: