Teknik Mengelola Waktu yang Harus Diketahui

Berhenti membuang waktu

Luangkan waktu beberapa hari untuk melacak waktu Anda. Buatlah catatan kecil yang bisa dibawa kemana-mana dan setelah Anda menyelesaikan tugas dalam satu hari tersebut, catat berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan masing-masing tugas. Diakhir hari, kembali ke jadwal dan lihat dimana Anda menggunakan sebagian besar waktu Anda. Coba putuskan jika ada cara untuk memperpendek waktu yang diperlukan untuk beberapa aktivitas Anda. Mungkin Anda menghabiskan waktu terlalu banyak menonton TV atau browsing Internet.

Hilangkan Pemborosan

Sekarang Anda tahu dimana waktu Anda paling banyak dialokasikan dan hilangkan atau potong kebiasaan yang tidak diperlukan dalam sehari-hari. Mungkin Anda menghabiskan nonton TV di pagi hari dari pukul 6:00 dan lagi pada pukul 11. Hilangkan satu atau dua tontonan dan akan bisa menambahkan satu jam dalam hari Anda. Saat kerja mungkin Anda ngobrol dengan rekan selama 45 menit sehari. Potong waktu ngobrol ini dan gunakan dengan lebih konstruktif. Dengan menemukan perilaku yang melebihi waktu dan memotongnya secara efektif, Anda akan mendapatkan rata-rata 2 jam sehari untuk tujuan yang lebih penting.

Rencanakan Hari Anda

Teknik manajemen waktu yang penting adalah mengembangkan rencana yang aktual untuk hari Anda. Gunakan beberapa planner harian yang tersedia di toko alat tulis dan perlengkapan kantor. Carilah planner harian yang memerinci masing-masing hari ke dalam jam. Rencanakan masing-masing hari dengan jam demi jam dan jadikan pegangan! Jika Anda berencana menggunakan waktu 1 jam untuk mengecek e-mail dalam satu hari kemudian berhenti setelah 1 jam. Jangan biarkan diri Anda melebihi waktu 1 jam dari waktu yang sudah ditetapkan. Anda harus patuh dengan rencana waktu harian karena Anda menemukan tugas yang berbeda yang memerlukan waktu yang lebih banyak atau sedikit untuk diselesaikan.

Berikan waktu pada diri Anda beberapa minggu untuk membiasakan rutinitas waktu.

Prioritas

Ketika menentukan jadwal harian Anda, pastikan untuk menentukan tugas terpenting dalam planner Anda sebelum tugas yang kurang penting. Ini adalah salah satu teknik manajemen waktu yang paling penting. Jangan pelit waktu untuk masing-masing tugas yang penting. Jika memungkinkan letakkan tugas-tugas ini diurutan pertama untuk diselesaikan. Dengan menyelesaikan tugas terpenting terlebih dahulu Anda merasa lega karena sudah terselesaikan dan menjadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan sisa tugas Anda.

Oleh: Victor Ghebre
Sumber: http://www.settinggoals101.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: